Saturday 21 September 2013

Penghitung Umur Simpel VisualBasic6

Tanggal lahir saya 15 Juli 1999, tapi saya tidak menyangka itu sudah berjalan 72 hari dari tahun sekarang ini 2013 . Meskipun ini terlalu simple dan tidak sebegitu detail mungkin kalian bisa membuatnya sendiri aplikasi penghitung umur otomatisnya.

Pada aplikasi kali ini kita membutuhkan komponen DTPicker dimana untuk mengaktifkan komponen DTPicker tersebut maka kita terlebih dahulu harus mencentang komponen Micr*soft Wind*ws Common Controls-2 6.0 sehingga komponen DTPicker akan terlihat dalam barisan Toolbox. Tanpa lama kalian simak tutorial dibawah ini :


  • Pertama buka Micorosft Visual Basic6 kalian lalu pilih StandardEXE;-
preview.text-visualB6
    • Aktifkan Microsoft Windows Common Control-2 6.0 dengan cara menekan Ctrl+T atau klik kanan tab editor dan klik "Component..." untuk menampilkan Component, kemudian cari ke bawah sampai menemukan  Micr*soft Wind*ws Common Control-2 6.0 lalu klik Apply. Setelah itu lihatlah pada deretan Toolbox maka akan terdapat tambahan lima Tools salah satunya adalah DTPicker;
    visual basic
     Gambar Step1,-

    basic 6
    Gambar Step2,-

    vb6-create
    Gambar Step3,-

    • Kemudian masukkan sebuah komponen DTPicker ke form1 dan ubahlah properties Format menjadi 0-dtpLongDate, untuk ukuran DTPicker tergantung selera kalian;
    visaul basic
    • Untuk tambahan masukkan komponen Label dan komponen CommandButton sebagai eksekutor perintah. Ganti caption pada Label1 menjadi "Tanggal Lahir Saya" dan caption pada CommandButton1 menjadi "Hitung Umur Saya", sehingga jadi seperti di bawah ini :


    • Klik 2x pada Command1 dan masukkan source code dibawah ini :

     Dim totalhari As Integer
      Dim umur As Integer
      Dim hari As Integer

      totalhari = DateDiff("d", DTPicker1.Value, Date)
      umur = totalhari / 365
      hari = totalhari - (umur * 365)
      MsgBox "Umur Anda " & umur & " tahun " & hari & " hari"

     Klik kanan lalu klik View Code kemudian letakan sourcenya,-
    • Selesai


    Untuk melihat hasilnya, tekan Run atau tombol F5. Sekian tutorial kali ini semoga bermannfaat. Dapatkan source codenya secara instant yang bisa kalian download di link di bawah ini :

    Download Source

      Labels:

      0 Comments:

      Post a Comment

      Subscribe to Post Comments [Atom]

      << Home