Thursday 23 January 2014

Apa itu Proxy dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Dalam sebuah jaringan komputer, server proxy adalah setiap sistem komputer yang menawarkan layanan yang bertindak sebagai perantara antara kedua pihak berkomunikasi, klien dan server. Di hadapan server proxy, tidak ada komunikasi langsung antara klien dan server. Sebaliknya, klien terhubung ke server proxy dan mengirimkan permintaan untuk sumber daya seperti dokumen, halaman web atau file yang berada di server yang jauh. Proxy server menangani permintaan ini dengan mengambil sumber daya yang diperlukan dari server jauh dan ekspedisi yang sama kepada klien.

Bagaimana Proxy Server Tesebut Bekerja?

Di bawah gambar ini,terdapat illustrasi bagaimana proxy server dapat saling berinteraksi antar server(admin) dan klien(cilent) :


Jenis Server Proxy dan Penggunaannya :

1. Forward Proxies

Dimana server proxy meneruskan permintaan klien ke server target untuk membangun komunikasi antara keduanya. Di sini klien menentukan sumber daya yang akan diambil dan server target untuk menyambung ke, sehingga server proxy maju bertindak sesuai. Kecuali untuk reverse proxy (dibahas di bagian akhir artikel ini), semua jenis lain dari proxy server yang dijelaskan dalam artikel ini berada di bawah maju proxy.

2. Open Proxy

Open Proxy adalah jenis forwarding proxy yang secara terbuka tersedia untuk setiap pengguna Internet. Paling sering, open proxy digunakan oleh pengguna internet untuk menyembunyikan alamat IP mereka sehingga mereka tetap aman selama beraktivitas didalam web mereka. Berikut ini adalah beberapa proxy web yang termasuk dalam kategori open proxy:

Anonymous Proxy

Anonymous proxy adalah jenis open proxy yang bersifat menyembunyikan alamat IP pengguna internet sehingga server target tidak bisa mengidentifikasi asal klien meminta. Namun, anonymous proxy mengidentifikasi dirinya sebagai server proxy, tetapi masih berhasil mempertahankan anonimitas pengguna.

Distorting Proxy

Jenis server proxy ini mengidentifikasi dirinya sebagai proxy, tapi mengungkapkan alamat IP yang salah dari klien ke server target.

High Anonymity Proxy (Elite Proxy)

Proxy elite pada umumnya menyediakan anonimitas maksimal karena tidak mengidentifikasi diri sebagai proxy atau mengungkapkan alamat IP asli dari klien. Dalam kebanyakan kasus, pengguna harus membayar untuk jenis proxy karena jarang tersedia secara bebas di Internet.

3. Reverse Proxy

Tidak seperti proxy forwarding di mana klien tahu bahwa itu terhubung melalui proxy , proxy reverse muncul ke klien sebagai server biasa . Namun, ketika sumber daya klien permintaan dari server ini , ke depan permintaan tersebut ke server target ( server yang sebenarnya di mana sumber daya berada ) sehingga dapat mengambil kembali sumber daya yang diminta dan maju sama kepada klien . Di sini , klien diberi kesan bahwa itu terhubung ke server yang sebenarnya , tetapi dalam kenyataannya terdapat reverse proxy yang berada antara klien dan server yang sebenarnya .

Reverse proxy sering digunakan untuk mengurangi beban pada server sebenarnya dengan load balancing (menyeimbangkan beban), untuk meningkatkan keamanan dan untuk cache konten statisnya , sehingga mereka dapat dilayani lebih cepat untuk klien . Perusahaan besar seperti Google yang mendapatkan sejumlah besar hits mempertahankan proxy reverse sehingga dapat meningkatkan kinerja server mereka . Hal ini tidak mengherankan bahwa setiap kali Anda terhubung ke google.com , Anda hanya menghubungkan ke reverse proxy yang meneruskan permintaan pencarian Anda ke server yang sebenarnya untuk mengembalikan hasil kembali kepada Anda .

Sumber : www.gohacking.com

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home