Tuesday 26 June 2018

Tempat Wisata Di Tuban Jawa Timur Yang Wajib Dikunjungi

Tuban merupakan wilayah yang terletak strategis, sebab berada diperbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur. Wisata pantai di Tuban begitu terkenal, sebab kawasan ini sedang di Pantai Utara Jawa Timur. Di samping itu, sebab daerahnya yang strategis, pada zaman dahulu disini dijadikan sebagai pusat perniagaan oleh Kerajaan Majapahit dan pusat penyebaran agama islam oleh Walisongo.

Di samping wisata pantainya yang hits sepeti yang warganet bilang diawal, di Tuban tidak sedikit juga tujuan wisata yang bisa kamu kunjungi laksana wisata alam, kuliner dan religi. Dan inilah kami ulas secara menyeluruh tempat wisata di Tuban Jawa Timur yang dapat dijadikan referensi kamu :

Pantai Boom Tuban


Pantai yang satu ini adalah semenanjung produksi yang awalnya ialah pelabuhan kuno yang dipakai di masa Majapahit. Letaknya di Desa Kutorejo, Tuban atau 150 M dari Pusat Kota Tuban dan oleh sebab itu, lokasi ini dapat dicapai dengan mudah. Soal kemudahan yang terdapat di pantai ini dapat dibilang lumayan lengkap sebab diurus dengan baik oleh pemda setempat. Selain tersebut adapun objek wisata yang unik di lokasi ini laksana sumur tua, jalan yang menjorok ke laut serta gazebo yang bisa kita pakai untuk menyaksikan sunset dan sunrise.

Tiket : Rp. 2.500 / orang

Pantai Kelapa Tuban 


Pantai yang dikenal bakal banyaknya pohon kelapa menarik ini berlokasikan 6 KM di sebelah unsur timur Kota Tuban atau lebih tepatnya di Panyuran, Kec. Palang, Tuban. Pohon yang terdapat disini tidak saja berdiri tegak laksana yang pada umunya anda lihat, akan namun ada pun pohon kelapa melengkung dan tumbuh melandai yang unik para wisatawan. Bukan melulu untuk di anggap yah, kalau kamu berkunjung ke Pantai Kelapa kamu bisa duduk-duduk santai di pohon kelapa yang melengkung dan melandai tersebut tadi. Di samping menjadi wisata rekreasi, lokasi inipun difungsikan sebagai tempat kemah. Pemandangan yang alami, estetis serta teduh memang lekat dengan Pantai ini. Maka tidak heran bila pantai yang menjadi unsur dari Wisata Tuban ini tidak jarang kali ramai dikunjungi masing-masing waktunya terutama saat hari cuti tiba. 

Pantai Cemara


Wisata pantai di Tuban memang familiar akan keunikannya, sesudah pantai kelapa kali ini anda bertemu dengan Pantai yang rimbun bakal pohon cemaranya. Lain daripada yang beda memang, di Pantai Cemara ini kamu bisa berteduh sembari merasakan indahnya pemandangan alam yang eksotik. Selain tersebut juga, kalau kamu berkunjung ke pantai ini kamu akanmengejar Mangrove Center yang ongkos masuknya tidak dikenakan ongkos sepersen pun. Jadi tunggu apalagi, kalau kamu berkunjung ke Kota Tuban tidak boleh lupa guna mampir ke pantai yang bertempat di Desa Jenu, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban ( 8 KM dari Pusat Kota ) ini yah. Dijamin,kamu akan kerasan untuk berlama-lama disini.  

Pantai Sowan Tuban


Pemandangan alam yang begitu estetis dan eksotis terdapat pada Pantai Sowan ini. Biasa dinamakan dengan “Wana Wisata Sowan” Pantai ini berlokasikan di Dusun Sowan, Bogorejo, Banjar, Tuban. Lokasinya memanglumayan mudah untuk dicapai karena berada tepat ditepi Jalan Pantura. Kalau kamu berkunjung kesini, kamu akan mengejar hutan ditepi pantainya. Berluaskan 32 Hektar di area tersebut tumbuh subur pohon klampis, terbesi serta mahoni. Dan di samping itu, lokasi wisata di Tuban ini biasanya dijadikan penduduk sekitar untuk menggali ikan, berkemah atau sebatas berekreasi.

Pantai Remen Tuban 


Memang tidak sedikit yah opsi pantai yang masuk dalam wisata di Tuban Jawa Timur. Seperti Pantai Remen misalnya. Pantai ini termasuk barusebab baru dimulai pada tanggal 22 Februari 2015 silam. Berlokasikan di Desa Remen, Jenu, Tuban. Pantai yang satu ini familiar akan pasir putih dan telaga besarnya yang begitu indah. Di samping itu, kalau kamu berkunjung ke pantai ini maka tidak perlu cemas perut kamu akan keroncongan. Karena mulai ketika ini, di Pantai Remen ini telah terdapattidak sedikit tenda saudagar berjejeran yang berlokasikan tepat ditepi pantai. Meskipun begitu, kesucian dari pantai ini pun terjaga dengan baik.

Air Terjun Nglirip


Wisata di Tuban yang berikutnya ialah Air Terjun Nglirip. Air terjun inibila kita jangkau dari Pusat Kota Tuban memang lumayan jauh sebab berjarak 37 KM. Berlokasi di Desa Mulyo Agung, Singgahan, Tuban lokasi ini menjadi tujuan tempat wisata Tuban yang lumayan populer. Keindahan alam yang begitu eksotik dengan warna air yang beda daripada yang lainyakni biru tosca pada musim kemarau menjadikan lokasi ini ramai dikunjungi oleh wisatawan dalam negeri maupun mancanegara. Memilikielevasi -+ 30 meter, lokasi ini memiliki kisah mistik yang nyaris setiap tahunnya memakan korban jiwa. Jadi, buat kamu yang mauberangjangsana ke Air Trjun Nglirip, kami peringatkan guna berhati-hati.

Air Terjun Lembah Bongok


Wisata Tuban Jawa Timur yang satu ini belum tidak sedikit dijamah oleh wisatawan sebab jalan mengarah ke ke tempatnya yang begitu menantang. Akan tetapi, indahnya pemandangan disekitar dapat mengobati rasa lelah sepanjang perjalanan. Belum lagi merdunya kicauan burung dan adanya monyetbinal disini meningkatkan keseruan berwisata. Air Terjun Lembah Bongkok mempunyai dua air terjun yang menghiasi tebingan batu. Dan di aliran air terjunnya, pengunjung diizinkan mandi dengan kriteria berhati-hati.

Lokasi : Dusun Kerokan, Desa Jetak, Kecamatan Montong, Tuban

Goa Ngerong



Goa Ngerong ini adalahtempat wisata di Tuban Jawa Timur yang ramai bakal wisatawan di waktu libur sebab mempunyai objek wisata yang unik yaitu adanya ribuan kelelawar bergantungan diatap goa. Di samping itu, disini ada pun kura-kura putih dan ikan tawes yang belum terkuak kisah mistiknya. Dan guna menyuruhi goa, kita dapat menggunakan perahu karet yang mana nantinya pada kedalaman 1 KM kamu menjumpai air terjun yang begitu indah.

Kunjungi : 21 Kumpulan Tempat Wisata di Ungaran Terbaru dan Ramai Dikunjungi
Lokasi : Jalan Rengel No. 155, Rengel, Tuban

Goa Akbar


Goa Akbar ini katanya dulu merupakan lokasi tinggal dari Sunan Kalijogo yang diumumkan kepada Sunan Bonang. Goa ini menjadi objek wisata di Tuban yang lumayan ramai sebab lokasinya dekat dengan Pasar Baru Tuban.

Pengelolaan dari Goa ini sangatlah baik dan guna menyusurinya kamu bisaberlangsung kaki melewati jalan paving. Adapun penerangan dari goa ini dapat menolong kita dalam merasakan indahnya Staklamit dan Staklatit.

Goa Putri Asih


Goa yang estetis nan memukau ini familiar akan batuan didalamnya. Adapun ornamen-ornamen yang akan kamu temui ketika berangjangsana disiniialah Pillar, Stalaktit, Gordyn, Stalakmit, Soda Strav, Helektit, Flow Stone, Heksentrik dan Calcite Floor. Bukan melulu satu, tetapi di Goa ini mempunyai 9 ruangan yang menunjukkan beraneka ragam daya tarik batu di dalamnya.

Lokasi : Desa Nguluhan, Kecamatan Montong, Tuban

Goa Suci


Di samping kaya bakal wisata pantainya, Tuban ternyata kaya bakal wisata goa. Setelah tadi kita menjabarkan seputar Goa Ngerong, Goa Akbar dan Goa Putri Asih, sekarang masih terdapat Goa Suci. Goa yang termasuk goa produksi ini diciptakan pada tahun 1026. Berdasarkan keterangan dari sejarahnya, goa ini tergolong peninggalan kerajaan Majapahit yang terletak dikawasan penambangan batu kapur. Di samping itu, Goa Suci inipun sering dijadikan sebagai lokasi meditasi dalam menggali ketenangan hati dan ilmu kebatinan.

Lokasi : Leran Wetan, Palang, Tuban

Goa Kancing


Goa Kancing bertolak belakang dengan goa-goa yang telah kita ulas sebelumnya, sebab goa ini memiliki keanehan sendiri yakni adanya lubang sumur yang mempunyai kedalaman 4-5 meter serta kokohnya tebing yang berdiri di mulut goa.

Lokasi : Dusun Tlogo, Desa Prunggahankulon, Kecamatan Semanding, Tuban

Pemandian Bektiharjo

Pemandian Bektiharjo ini meupakan wisata Kota Tuban yang mengasyikkan buat kamu yang hobby berenang atau sebatas bermain air. Berbeda denganempang renang pada umumnya, Pemandian Bekti Harjo ini airnya bersumber secara alami. Di samping itu, di lokasi ini pun ada kera binal yang jinak untuk disuruh bermain atau sebatas dikasih makan. Jadi, kalaukamu mau menyuruh keluarga guna berekreasi, maka lokasi inilah yangsesuai untuk dijadikan referensi wisata family di Tuban.

Lokasi : Bekti Harjo, Kecamatan Semanding, Tuban

Pemandian Air Panas Prataan

Pemandian yang satu ini berlokasikan di tengah hutan kecil. Meskipun airnya alami laksana di Pemandian Bektiharjo, tetapi tempat ini bertolak belakang karena air panas dan diandalkan  dapat menyembuhkan sekian banyak  macam penyakit laksana penyakit kulit,rematik, rematik dan masih tidak sedikit lagi.

Lokasi : Prataan, Kecamatan Parengan, Tuban

Watu Ondo

Berlokasi tidak jauh dari Pemandian Bektiharjo, wisata di Tuban yang satu ini biasa dinamakan “ Watu Ondo “ yang dalam bahasa indonesia berarti “ Tangga Batu “. Yah, objek wisata Watu Ondo memang berupa tangga yangtercipta dari batu dengan kombinasi gampeng. Di samping itu, dilokasi sini pun ada jalan yang seringkali digunakan penduduk sekitar untukmengguyur ladang dan memungut air bersih. Bukan sembarang jalan yah, kalau kamu melewati jalan ini diperlukan keseimbangan dan kekuatan kaki yang cukup. Wisata Ondo sebetulnya adalahjalan utama ngendut kampung dan kampung sencang oleh Medokan kampung yang kawasannya sedang di atas tebing.

Kunjungi : 12 Tempat Ngopi di Jakarta yang Terkenal 24 Jam
Lokasi : Bekti Harjo, Kecamatan Semanding, Tuban

Makam Sunan Bonang

Kalau tadi kita telah mengulas menyeluruh seputar wisata di Tuban Jawa Timur laksana wisata alam, keluarga, dan pantai, maka selanjutnya ialah wisata religi Sunan Bonang. Yah, di samping makam Gus Dur yang adalahtempat wisata di Jombang, makam Sunan Bonang pun tidak pernah sepibakal peziarah. Maka tak heran bila Tuban familiar akan Kota Wali. Yang mana pada dulunya di kota ini memanglah sebagai pusat penyebaran islam. Dan di antara karya dari Sunan Bonang tidak asing di telinga masyarakat ialah Tombo Ati.

Ponpes Perut Bumi Al-Maghribi

Ponpes Perut Bumi Al-maghribi dapat dibilang pondok pesantren sangat unik yang terdapat di Indonesia. Terletak di dalam goa, ponpes ini digagas oleh Kyai Subchan Mubarok ini dapat menjadi pesona tersendiriuntuk peziarah dan wisataan.

Lokasi : Desa Gedongombo, Kecamatan Semanding, Tuban

Museum Kambang Putih

Museum yang terletak di Pusat Kita Tuan ini berdampingan dengan Masjid Agung dan Makam Sunan Bonang. Museum Kambang Putih ini di bina 4 Januari 1984 dan barubisa bermanfaat dengan baik pada 28 Maret 1984. Mempunyai koleksi yang pelbagai mulai dari Fosil, Senjata Tradisional, Wayang Golek, Barongsai, Naskah Kulo, Wayang Kulit dan masih tidak sedikit lagi.

Lokasi : Jalan Kartini No. 3 Tuban

Buka :

Senin | Berhibur

Selasa – Minggu | 07.00 – 14.00

Jum’at | 07.00 – 11.00

Sabtu | 07.00 – 12.00

Masjid Agung Tuban

Masjid Agung Tuban dulunya di bina oleh Bupati Ke-7 yakni Adipati Raden Ario Tedjo diabad 15. Beraksitektur unik, Masjid Agung Tuban mempunyai 3 lantai dengan 6 buah menara yang berdiri lahan 5.246 m2, dimana 3.565 m2 nya ialah luas bangunan.

Dan kalau kamu berkunjung ke Masjid Agung Tuban, kamu bisa sekalian berwisata religi di Makam Sunan Bonang sebab lokasinya yang berdekatan.

Klenteng Kwan Sing Bio

Klenteng yang memiliki keanehan menghadap ke laut langsung ini ramai dikunjungi oleh wisatawan dalam negeri maupun mancanegara laksana Singapura, Malaysia dan Cina.

Lokasi : Jl. RE. Martadinata No.1, Karangsari, Tuban

Itu dia susunan tempat wisata di Tuban Jawa Timur yang dapat dijadikan referensi ketika kamu berkunjung ke Tuban. Jangan lupa, kalau kamu berkunjung ke Tuban maka kunjungi pun tempat wisata di Bojonegoro yang telah kami ulas sebelumnya.


0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home