Tuesday 26 June 2018

Rumus Hitungan Jenis Bunga Pinjaman


Rumus Perhitungan Berbagai Jenis Bunga Pinjaman – Saat Anda mengemukakan pinjaman ke suatu bank, Anda tentu akan mempertimbangkan sejumlah hal terlebih dahulu laksana jenis bunga yang ditawarkan, besaran bunganya, dan besaran cicilan yang bakal Anda bayarkan nantinya.

Namun apakah kita pernah menggali tahu bagaimana teknik menghitung bunga pinjaman yang kita ajukan tersebut?

Cara menghitung bunga pinjaman memang tidak tidak sedikit diketahui oleh masyarakat. Padahal sebetulnya mengetahui teknik perhitungan bunga pinjaman adalahhal yang tidak kalah penting andai Anda akanmengemukakan pinjaman untuk sebuah Bank.

Setiap jenis pinjaman mempunyai perbedaan dalam teknik perhitungan bunganya. Meski besaran suku bunganya sama namun dengan teknik perhitungan yang bertolak belakang akan dominan kepada jumlah cicilan yang mesti kita bayarkan masing-masing bulannya.

Pada lazimnya ada tiga jenis perhitungan bunga pinjaman untuk seluruh produk pinjaman yakni perhitungan suku bunga flat, perhitungan suku bunga efektif dan perhitungan suku bunga anuitas.

Rumus Perhitungan Berbagai Jenis Bunga Pinjaman

1. Perhitungan Suku Bunga Flat

Suku bunga flat ialah perhitungan bunga pinjaman yang sangat mudah. Dengan memakai perhitungan bunga flat, Anda bakal membayar angsuran pokok dan bunga jumlah yang sama masing-masing bulannya.

Perhitungan ini seringkali dipakai guna mengitung bunga pinjaman tanpagaransi atau kredit tanpa agunan. Suku bunga flat jufa dinamakan sebagai suku bunga tetap dimana plafon kredit dan besarnya bunga bakal dihitung secara sebanding sesuai dengan jangka masa-masa kredit.

Nilai bunga bakal tetap sama masing-masing bulannya sebab dihitung menurut persentasi bunga yang dikalikan dengan pokok pinjamandiperbanyak bunga masing-masing bulan.

Rumus perhitungannya:
Bunga Perbulan = (P x l x t) / jb

Keteragan:
P = pokok pinjaman

l = suku bunga

t = jumlah jangka masa-masa kredit

jb = jumlah bulan dalam jangka masa-masa kredit

2. Pehitungan Suku Bunga Efektif

Perhitungan suku bunga efektif atau dikenal pun sebagai sliding rate adalahperhitungan bunga pinjaman yang dilaksanakan pada masing-masing akhir periode cicilan. Bunga kredit dihitung dari sisa akhir masing-masing bulannya.

Bunga dihitung menurut nilai pokok yang belum dibayarkan oleh si peminjam. Dengan begitu jumlah besaran bunga tiap bulannya bakal berubah-ubah cocok dengan nilai pokok yang belum dibayarkan tersebut.

Nilai bunga yang dibayarkan oleh peminjam bakal berkurang masing-masing bulannya sampai-sampai cicilannya pun bakal mengecil dari masa-masa ke waktu.

Cicilan bulan kedua bakal lebih kecil daripada bulan angsuran bulan kesatu, angsuran bulan ketiga lebih kecil daripada angsuran bulan kedua, dan begitu seterusnya.

Rumus Perhitungannya:
Bunga = SP x i x (30 / 360)

Keterangan:
SP = sisa pokok pinjaman bulan sebelumnya

i = suku bunga pertahun

30 = jumlah hari dalam sebulan

360 = jumlah hari dalam setahun

3. Perhitungan Suku Bunga Anuitas

Perhitungan suku bunga anuitas ialah sebuah format modifikasi dari perhitungan bunga pinjaman efektif. Hal itu bertujuan untuk mempermudah para nasabah dalam membayar angsuran tiap bulannya.

Perhitungan bunga pinjaman ini menilai besaran angsuran tiap bulan dengan jumlah yang sama tetapi komposisi bunga dan pokok cicilannyabakal berubah-ubah masing-masing periodenya.

Nilai bunga per bulan akan berkurang namun angsuran pokoknya bakal membesar. Perhitungan bunga ini menciptakan porsi di masa mula pinjaman menjadi paling besar tetapi lambat laun bakal mengecil di masa akhir pinjaman.

Rumus Perhitungannya:
Bunga = SP x i x (30 / 360)

Keterangan:
SP = sisa pokok pinjaman bulan sebelumnya

i = suku bunga pertahun

30 = jumlah hari dalam sebulan

360 = jumlah hari dalam setahun

Catatan: Rumus perhitungan bunga anuitas sama dengan formula perhitungan bunga efektif

4. Cara Menghitung Bunga Pinjaman di KoinWorks

Untuk kita yang mengemukakan pinjaman di KoinWorks, suku bunga bulanan yang mesti kita bayar bakal diinformasikan sebelum kita menyetujuinya, mulai dari 0,75% sampai 1,67% perbulan.

Namun, bila Anda yang belum menjadi borrower di KoinWorks dan penasaran dengan bunga pinjamannya, berikut teknik menghitung bunga pinjaman di KoinWorks.

Itulah formula perhitungan bunga pinjaman yang biasa dipakai padamasing-masing produk pinjaman Bank. Dengan memahami rumus perhitungan bunga pinjaman itu Anda dapat mengetahui angsuran pembayaran pinjaman yang mesti kita bayarkan masing-masing bulannya.

Dengan begitu kita pun dapat mempersiapkan finansial Anda semenjak jauh-jauh hari, supaya pada ketika periode angsuran pinjaman Andadapat melunasinya dengan tepat masa-masa dan cocok dengan peraturan yang diserahkan oleh pihak Bank.

Anda juga tidak perlu fobia terjerat bunga pinjaman yang tidak cocok dengan keterampilan Anda.


Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home